Segmentasi pasar merupakan suatu kegiatan pengelompokkan macam-macam konsumen dalam pasar. Kelompok pembeli atau konsumen tersebut mempunyai karakteristik, perilaku dan kebutuhan yang berbeda dalam membeli suatu produk atau jasa.
Segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai suatu proses dalam mengidentifikasi dan juga menganalisis para konsumen termasuk mengenai perbedaan tiap konsumen di pasar. Oleh karena itu adanya segmentasi pasar dapat membuat proses pemasaran lebih terarah sesuai target konsumen yang dituju.
Dengan adanya pembagian kelompok konsumen melalui segmentasi pasar, tentunya akan mempermudah dalam memilih sasaran pasar dimana produk/jasa akan dijual dan dapat menggunakan strategi marketing yang sesuai dengan segmentasi yang dituju.
Pengertian Segmentasi Pasar
cpssoft.com
Menurut Philip Kotler & Gary Armstrong, segmentasi pasar merupakan suatu pembagian sebuah market menjadi kelompok-kelompok pembeli atau konsumen yang berbeda. Tujuannya adalah untuk dapat membagi pasar yang heterogen, menjadi kelompok yang dapat ditargetkan.
Target yang dimaksud adalahd alam memasarkan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan, karakteristik atau kebutuhan konsumen.
Sedangkan Pride & Fidel, segmentasi pasar merupakan suatu sistem dalam membagi atau mengelompokkan market pasar sesuai dengan segmen-segmen eplangga yang potensial, ditambah dengan karakteristik yang memperlihatkan adanya kesamaan dari tingkah laku konsumen.
Dasar Segmentasi Pasar
pixabay.com
Pada penetapannya, segmentasi pasar memiliki beberapa dasar-dasar variable yang diantaranya adalah:
1. Variabel Geografi
Diantaranya adalah ukuran daerah, kota, kepadatan iklim atau wilayah.
2. Variabel Demografi
Diantaranya adalah keluarga, pendapatan, pekerjaan, siklus hidup, dan umum.
3. Variabel Psikologis
Diantaranya adalah gaya hidup, kelas sosial, kepribadian, status pemakan, tingkat pemakaian produk, atau manfaat yang ingin diketahui.
Selain tiga dasar variabel di atas, terdapat dua dasar lain yang menjadi segmentasi pada pasar industri, yang diantaranya adalah:
Tahap pertama adalah meneatpkan segmentasi pasar secara makro, yaitu dengan berdasar pada pemakai akhir, lokasi bergerak, geografis dan banyaknya langganan.
Tahap kedua merupakan sikap yang ditunjukkan pada penjual, termasuk ciri-ciri kepribadian, atau kualitas produk.
Syarat Segmentasi Pasar
kukm.gunungkidulkab.go.id
Selain memiliki dasar-dasar, terdapat juga syarat-syarat segmentasi pasar yang diantaranya adalah:
Measurable (dapat diukur)
Pembagian kelompok segmentasi pasar haruslah terukur, termasuk besar, luas dan juga daya beli pembeli atau konsumen pada segmen pasar.
Actionable (dapat dilaksanakan)
Segmentasi pasar juga harus dapat dilaksanakan sehingga program atau strategi pemasaran yang disusun dapat dilaksanakan dengna efektif, efisien dan maksimal.
Substansial (cukup besar)
Syarat cukup besar (substansial) digunakan untuk membantu produsen atau perusahaan supaya bisa menilai apakah produk/jasa yang dijual dapat disegmentasikan dengan baik atau tidak dengan mengetahui kelayakan pasar.
Differentiable (dapat dibedakan)
Karena pada dasarnya mempersempit cakupan target pasar, maka segmentasi pasar haruslah dapat dibedakan dengan jelas tiap segmentasi dengan segemntasi lainnya.
Tujuan Segmentasi Pasar
nutshell.com
Selain memudahkan dalam mengelompokkan segmentasi konsumen, berikut merupakan tujuan dilakukannya segmentasi pasar:
Memudahkan ketika membedakan segmentasi pasar dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen.
Perusahaan/produsen dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan segmentasinya.
Strategi pemasaran atau marketing yang sudah disusun lebih terarah, efektif, efisien dan maksimal.
Dapat mengetahui dan mengenal competitor di segmen yan sama
Untuk dapat mengevaluasi target dan juga rencana bisnis
Manfaat Segmentasi Pasar
pixabay.com
Segmentasi pasar juag memiliki beberapa manfaat yang diantaranya adalah:
Produsen/perusahaan bisa berada di posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan dalam pemasaran.
Produsen/perusahaan bisa menggunakan pengetahuan mengenai segmentasi yang diketahui terhadap respon dari pemasaran yang berbeda, supaya anggaran yang dialokasikan dapat lebih tepat digunakan.
Produsen/perusahaan bisa mengatur produk/jasa yang lebih baik dan memiliki daya tarik pada pemasarannya.
Keyword:Pengertian Segmentasi Pasar
Originally posted 2020-10-13 11:10:21.
Related Posts:
Pengertian Sembako | Daftar dan Penjelasan Lengkapnya Kebutuhan manusia dibagi berdasarkan tiga kelompok yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang utama atau yang pokok harus ada segera dipenuhi atau dimiliki oleh…
6 Investasi Jangka Pendek dalam Bentuk Syariah Investasi jangka pendek banyak macamnya. Lalu apakah investasi jangka pendek itu? Apa saja investasi jangka pendek yang menguntungkan? Apa sajakah investasi jangka pendek yang ada di Indonesia dan sesuai syariat…
Mengenal Catu Daya: Pengertian, Klasifikasi dan… Pengertian Catu Daya - Dalam suatu rangkaian elektronika, setiap komponen memiliki fungsinya masing-masing yang saling bersinergi agar sebuah perangkat elektronik bisa bekerja dengan optimal. Salah satu elemen yang berperan penting…
Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal serta Penjelasannya Perbedaan pasar uang dan pasar modal dapat diketahui secara langsung bahkan dari katanya saja. Mengenai perbedaan yang lebih jelas dapat diketahui dari definisi keduanya. Berikut ini definisi pasar uang dan…
Ulasan Mengenasi Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan Pengertian wirausaha adalah seseorang yang dengan inisiatifnya memperhatikan resiko kerugian keuangan yang mungkin dideritanya saat mendirikan suatu usaha kelolaannya sendiri. dapat diartikan juga sebagai seorang wiraswasta yang menjalankan usaha. Pengertian…
4 Pelaku Ekonomi dari Berbagai Elemen di Suatu Wilayah atau… Pelaku ekonomi adalah orang-orang yang melakukan aktivitas ekonomi dan dapat diartikan pula sebagai pihak-pihak yang mencoba meyelesaikan permasalahan ekonomi. Di setiap kegiatan ekonomi pasti di dalamnya ada pelaku ekonomi. Dimana…
Alat Ukur Tidak Baku Beserta Contohnya dalam Kehidupan… Alat ukur tidak baku biasanya digunakan untuk mengukur dikala alat yang standar tidak ada. Pada dasarnya, alat ukur yang standar merupakan unit yang diterima secara global dan lebih sering digunakan…
Pengertian, Sistem dan Manajemen Agribisnis [LENGKAP] Pengertian, Sistem dan Manajemen Agribisnis - Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai banyak hal berkaitan dengan agribisnis. mulai dari pengertian agribisnis dan sistem agribisnis, manajemen agribisnis, manajemen produksi agribisnis, pemasaran dan…
Prinsip Ekonomi serta Penjelasan tentang Tindakan dan… Prinsip ekonomi, yaitu usaha dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan barang atau jasa yang sebesar-besarnya. Terkadang orang juga mengartikan prinsip ekonomi sebagai prinsip dimana kita mengeluarkan modal kecil untuk mendapatkan…
Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Secara Umum Arus globalisasi telah melanda di berbagai penjuru dunia. Salah satu dampaknya terjadi pada bidang sosial dan budaya suatu bangsa. Awalnya, globalisasi hanya dapat dirasakan di beberapa kota besar yang ada…
Alat Ukur Massa | Pengertian Massa dan Cara Mengukurnya Alat ukur massa adalah neraca dan timbangan. Neraca dan timbangan yang digunakan untuk mengukur massa pun ada banyak macamnya. Sebelum membahas alat ukur massa ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu…
Perbandingan AC Low Watt dengan AC Inverter yang Perlu… Perbandingan AC low Watt dengan AC inverter mungkin belum banyak diketahui oleh orang awam. Memang apa sih perbedaan antara dua tipe AC yang banyak digandrungi oleh masyarakat ini? Dimana letak…
Ukuran Celana Pria dan Wanita, Detail dari Panggul hingga… Ukuran celana - Pada era yang semakin canggih ini, kita diberi kemudahan untuk melakukan apa saja, salah satunya adalah berbelanja atau membeli produk tanpa harus pergi ke pasar atau tempat…
Hukum Forex Trading (Jual Beli Valuta Asing) Menurut Islam Hukum forex atau bisnis valuta asing (valas) secara online pada dasarnya diperbolehkan dengan ketentuan-ketentuan tertentu. Bisnis forex trading memang sangat menjanjikan dan menguntungkan, tapi dibalik itu semua ada unsur-unsur yang…
Pengertian Sistem Politik | Sebuah Konsep dalam… Pengertian Sistem Politik – Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa sistem adalah suatu kesatuan unsur (elemen), komponen, dan bagian-bagian lainnya yang saling berkaitan satu sama lain. Tak hanya…
Cara Membuat Furing Tas Rajut yang Bagus dan Unik Cara Membuat Furing Tas Rajut - Saat ini tas rajut sudah banyak digemari oleh banyak orang karena keunikannya. Selain itu, tas rajut juga mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Tas…
Strategi Pembelajaran | Pengertian, Macam-Macam dan… Supaya pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, di mana materi yang disampaikan oleh guru dapat tersampaikan dan dipahami serta dimengerti oleh para murid, maka diperlukanlah strategi pembelajaran yang tepat. Dengan menggunakan…
Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Penjelasan… Pengertian Pembelajaran - Pembelajaran adalah suatu kata yang sering kita dengar dan pakai. Biasanya kita lebih sering menggunakan kata belajar yang merupakan asal kata dari kata pembelajaran. Tapi sebenarnya apa…
7 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik, Hemat Listrik dan Tahan… Merek Kulkas Terbaik - Sekarang ini kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang seolah wajib ada di dalam rumah karena kemampuannya yang dapat membuat bahan makanan, makanan dan minuman tahan…
Pengertian Evaluasi | Tahapan, Tujuan dan Fungsinya Evaluasi secara umum dapat dikatakan sebagai proses menilai hal atau objek tertentu dengan dasar mengacu pada acuan tertentu sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Evaluasi juga bisa diartikan sebagai proses dalam…